Minggu, 17 April 2011

Prof Ravik Karsidi Resmi Dilantik Jadi Rektor UNS Baru



UNS memasuki babak baru. Demikianlah salah satu kalimat yang tepat diungkapkan pasca pelantikan Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. menjadi rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk masa jabatan periode 2011-2015 oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Jakarta, Rabu (13/4/2011). Prof. Ravik melanjutkan tongkat kepemimpinan Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, dr., Sp. KJ (K). yang telah mengemban tugas sebagai Rektor UNS selama dua periode (2003-2007 dan 2007-2011).

Sementara itu, Rektor UNS sebelumnya, Prof Dr dr Much Syamsulhadi SpKJ (K), mengungkapkan Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. dilantik oleh Menteri Mendiknas bersamaan dengan pelantikan empat rektor perguruan tinggi lainnya dan satu direktur politeknik. Keempat Rektor lain itu adalah Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Tanjungpura, Universitas Pendidikan Ganesha dan Politeknik di Aceh.

Dalam acara pelantikan ini, selain dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan juga dilaksanakan serah terima jabatan yang ditandai dengan penyerahan Memorandum Akhir Jabatan (MAJ) Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, Sp.KJ (K) kepada Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Kecuali, Universitas Pendidikan Ganesha karena kebetulan rektor yang dilantik juga telah menjabat sebelumnya. Penyerahan MAJ tersebut dimaksudkan selain sebagai akuntabilitas kinerja Rektor terhadap capaian kinerja yang telah berhasil dicapai, juga untuk menyampaikan berbagai isu strategis yang masih perlu dihadapi dan diatasi oleh Rektor yang baru.

Rektor UNS periode sebelumnya itu juga mengatakan bahwa pejabat dari UNS yang juga menghadiri pelantikan adalah Prof Dr Sholahudin MS, Dr Dwi Tiyanto, Prof Dr Adi Sulistiyono, selaku pembantu rektor sebelumnya. Kemudian para Kepala Biro dan Kepala Bagian Humas dan Kerjasama UNS, Dr Widodo Muktiyo.
Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, Sp.KJ (K) mengaku sangat senang dengan pelantikan Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. sebagai Rektor UNS. Pasalnya, Rektor baru UNS ini adalah salah satu kader terbaiknya. Bahkan beliau telah mendampinginya selama 11,5 tahun. Yaitu 3,5 tahun di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS dan selama delapan tahun mendampingi dirinya sebagai Pembantu Rektor I UNS. Prof. Dr. H. Much. Syamsulhadi, Sp.KJ (K) berharap Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. akan bekerja lebih baik lagi dan mau merangkul semua kalangan, termasuk mantan rivalnya saat pemilihan rektor lalu. Yaitu Prof Dr M Furqon Hidayatullah MPd dan Prof Dr Adi Sulistiyono MH.

“Jika saat proses pemilihan rektor ada beberapa orang yang menjadi lawannya, kesan itu harus dihilangkan. Mereka bukan lagi lawan, tapi mitra untuk memajukan UNS,” jelasnya.
Semoga dengan dilantiknya Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. sebagai Rektor UNS yang baru akan memberikan semangat dan harapan baru bagi UNS untuk bisa lebih memantapkan lagi menuju UNS World Class University.

(oleh: Galuh Perwita-Agribisnis 2008)

Reaksi:

2 komentar:

  1. sy doakan pak furqon jadi rekto UNS masa 2015-2019. Amin. Jayalah selalu UNS!

    BalasHapus