Selasa, 08 September 2015

The Inspiring One, Juli Purnomo



Sebagian orang berfikir bahwa masa kuliah itu menyenangkan, dengan alas an mereka dapat melakukan apa saja yang mereka mau. Beberapa juga merasa bebas dari pengawasan orang tua. Hingga waktu-waktu mereka mereka habiskan untuk bersenang-senang. Waiiit… nggak semuanya kok. Humble, ramah, dan easylook. Begitu kira-kira gambaran dari seorang Juli Purnomo atau yang akrab disapa Mas Juli. Siapa sih Mas Juli? Mari kita simak profil singkatnya….

Juli Purnomo yang lahiran di Banyumas, 29 Juli ini memiliki hobi menyanyi, menulis dan menjadi pembicara merupakan mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Angkatan 2012. Lahir dari keluarga yang kurang beruntung, membuat Mas Juli ingin membuktikan bahwa semua orang berkesempatan untuk berkarya dan berprestasi meskipun saat ini semua dalam keterbatasan. Semangatnya untuk selalu berusaha membuat teman-teman disekitarnya terinspirasi untuk mengikuti jejaknya, tidak pernah mengeluh dan tidak pernah berhenti untuk terus belajar. Meskipun segudang prestasi telah dicapai oleh Mas Juli, beliau tetap rendah hati. Ketika teman-temannya bertanya mengenai prestasi-prestasi yang telah dicapainya dengan sabar beliau membagikan tips dan trik agar teman-temannya memiliki kesempatan yang sama, bahkan tidak jarang beliau membantu kawan-kawannya dengan membagikan info lomba, beasiswa dan pergi  ke luar negri gratis as volunteer. Beliau tidak pernah takut jika suatu saat teman-temannya akan melampaui dirinya meniti lebih banyak prestasi, ia yakin bahwa semua orang memiliki kesempatan dan jalan hidupnya sendiri, justru dengan membantu orang ia akan mendapatkan pahala karena mengajak orang dalam hal kebaikan. Yes, we definitely agree, bang jul.
Menjadi mahasiswa berprestasi bukan berarti waktu Mas Juli dihabiskan dibalik buku pelajaran saja. Justru Mas Juli sangat aktif berorganisasi. saat ini Mas Juli di amanahkan sebagai Local Committee Director atau ketua dari  International Association of Student in Agricultural and related Sciences (IAAS) Indonesia LC UNS. IAAS merupakan organisasi keprofesian dibidang pertanian secara luas yang merupakan wadah bagi  mahasiswa agrokompleks dengan lingkup internasional. Sudah terbayang dong tugas seorang ketua organisasi itu seperti apa? Memanajemen dan memfasilitasi staff-staffnya, menjadi public figure bagi staffnya, dan juga menjaga hubungan baik dengan teman-teman IAAS baik di Indonesia (nasional) maupun Internasional. Mas Juli pun harus siap jika sewaktu- waktu ia ditunjuk menjadi delegasi dalam konferensi internasional maupun nasional. Sebagai ketua IAAS tentunya juga sudah tidak diragukan lagi dong public speakingnya kaya gimana apalagi berbagai acara internasional sudah pernah diikuti. Bermula Tahun 2014 Mas Juli pernah mengikti kompetisi dari event seperti ASES (Asia-Pacific Student Entrepreurship Society) Competition yang berlokasi di Universitas De La Salle, Philliphine dan menjadi second runner up dalam kompetisi, berikutnya beliau juga tepilih sebagai delegasi dari event tingkat internasional yaitu  JENESYS 2.0 yang merupakan pertukaran budaya antar pelajar Jepang dengan Indonesia dan yang terakhir di Tahun 2015 ini beliau juga memenangkan kompetisi dari event JOYS yang diadakan oleh seventeen project dan dinobatkan sebagai Best Group Presentation. Itulah kenapa Mas Juli bisa sukses dibidang akademik dan non akademik. Two thumbs up, mas bro!
Dari sebuah kecintaannya terhadap menulis, Mas Juli menantang dirinya untuk mengikuti berbagai kompetisi menulis seperti lomba karya tulis ilmiah, business planner dan Essay Writing. Pada mulanya, semua tidak seperti apa yang di harapkan, setelah mengirimkan karya, abstract kepada pihak penyelenggara lomba, karya yang dikirimkan sering ditolak, berkali-kali mencoba tetap saja masih sering gagal. Mas Juli pun mulai memperbaiki cara penulisannya dengan banyak membaca buku, mengasah gaya penulisannya dan tak jarang ia mengonsultasikannya pada kakak tingkat maupun dosen, sering baca menjadikan pribadinya seorang yang kreatif dan tidak kehabisan akan ide juga topik bahasan yang ingin diangkat sebagai topik dalam lomba menulisnya. Sifatnya yang terus menerus mau berusaha dan tidak pantang menyerah ini pun membuahkan hasil, sehingga Pada Tahun 2014 beliau memenangkan National Maritime Essay Competition (NMEC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Perkapalan ITS sebagai juara 1, Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan PERHEPI, Juara 2 National Essay yang diadakan oleh FKIP UNS, Juara 3 Lomba Essay yang diadakan oleh IAAS LC UNPAD dan Best Poster pada event UKM Penalaran Universits Airlangga dan juga lolos PKM Kewirausahaan yang diadakan oleh DIKTI dengan judul GHULAI ARAS (Yoghurt Kedelai Aneka Rasa) yang saat itu produknya pernah diperjual belikan di bursa mahasiswa Fakultas Pertanian.
Dari tadi bahas Juli Juli dan Juli. Sebenernya ada apa dengan Juli sih sampe hits banget…. For Your Information, pada bulan Mei 2015, nama Juli Purnomo menjadi perbincangan hangat di lingkungan Universitas Sebelas Maret baik itu mahasiswa, dosen maupun staff kampus. Ya, karena Juli Purnomo dipilih dan di nobatkan sebagai MAWAPRES (Mahasiswa Berperestasi) yang akan mewakili UNS ditingkat nasional nanti, selamat mengharumkan Bangsa dan UNS bang jul. We know you can do it!  we always support you no matter what happens!

So, masa muda itu memang masa yang paling berharga. Saying kalau nggak kita manfaatkan untuk bersenang-senang. Upsii!! Senang-senangnya gimana dulu. Arti senang-senang yang sesungguhnya adalah membuat orang di sekitar kita merasa senang. Membuat mereka bangga dan menjadi inspirasi untuk mereka adalah salah satunya. Ingat, nggak ada kata terlambat untuk belajar, tapi kadang kita belajar saat semuanya sudah terlambat. Let’s Move Gengs!!

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar