Minggu, 19 Juni 2011

Surakarta

Sering dengar kota Surakarta? Yap, kota Surakarta adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Lebih terkenal dengan sebutan kota Solo. Kota Solo punya segudang potensi budaya yang sangat menarik untuk dilihat oleh dunia. Kota Solo tercinta, di mana Kamagrista dilahirkan pada 28 Juni tahun lalu. Berikut kami berikan artikel menarik tentang potensi budaya Kota yang dipimpin oleh Pak Joko Widodo yang terkenal dengan nama "Jokowi":

Bus Tingkat Wisata


Kota Solo saat ini sudah mempunyai Bus Tingkat Wisata ”WERKUDARA”. Desain bus tersebut berwarna merah dan dilengkapi tempat duduk yang nyaman. Ketinggiannya mencapai 4,5 meter dengan lebar layaknya bus pada umumnya, yakni sekitar 2,5 meter.  Bus tingkat ini hanya ditawarkan kepada wisatawan yang ingin berkeliling Solo.

Lokasi yang bisa dituju, antara lain Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustakan dan sejumlah tempat lainnya. Bus tingkat dapat mengantar wisatawan sesuai keinginannya.

Bus tingkat wisata yang bertujuan untuk menarik wisatawan sudah dioperasikan mulai 20 Februari  2011. Selain itu, bus tingkat ini juga berfungsi untuk mengenang masa lalu karena dapat diketahui keberadaan bus tingkat masih populer. “Dulu bus tingkat adalah bus reguler, kalau bus tingkat kali ini konsepnya berupa bus wisata dengan paket atau carter.

Railbus




Pemerintah Kota (pemkot) Surakarta mempunyai transportasi baru, yaitu kereta railbus. Kereta khusus buatan PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun tersebut akan beroperasi melayani rute Solo hingga Wonogiri pada pertengahan tahun ini.

kereta api adalah pilihan yang paling tepat bagi transportasi umum masa depan di perkotaan. Selain mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dalam sekali angkut, kereta api juga menjadi jawaban atas kepadatan jalan raya yang saat ini juga terjadi di Solo. Program pengadaan railbus ini dilaksanakan melalui dua tahap pendanaan yakni tahun 2009 dan tahun 2010, dengan nilai total sebesar Rp 16 miliar.

20 Februari 2011 railbus akan dibawa ke Surakarta untuk diujicobakan. Namun setelah uji coba, railbus akan kembali di bawa ke Madiun untuk disempurnakan desainnya. Saat ini sebenarnya sudah bisa dioperasikan namun, ada beberapa koreksi, seperti interior atap yang masih akan ditinggikan.

Railbus tersebut terdiri dari satu rangkaian dengan tiga gerbong dengan kapasitas 160 orang, berkecepatan maksimum 100 km/jam dengan tenaga out-put sebesar 560 Kw yang dibangkitkan dari mesin yang dipasang di rangka bawah. Bus kereta tersebut juga dilengkapi dengan AC serta rak bagasi untuk penempatan barang penumpang.

Steam Loco Jaladara



Steam Loco Jaladara atau yang disebut dengan sepur kluthuk akan melintasi kota Surakarta, karena pada tanggal 27 september 2009  telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo Joko Widodo bertempat di loji gandrung rumah dinas walikota Solo.Satu rangkaian kereta uap jaladara ini terdiri atas satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Lokomotif kereta uap wisata jaladara ini buatan Negara Jerman pada tahun 1896, diambilkan dari Museum Palagan Ambarawa, sementara gerbongnya dari Magelang dan Bandung.

Acara peresmian kereta uap wisata kota Surakarta ini sangan meriah gerbong kereta di hias dengan kain batik dan di bungkus dengan kain hitam, peluncuran kereta uap perdana tersebut dengan di tandai pemecahan kendi oleh mentri perhubungan dan didampingi oleh walikota dan wakil walikota dan di saksikan oleh ribuan masyasakat kota surakarta.

Sepur kluthuk jaladara, rencananya akan beroperasi 2 kali dalam semingu yaitu setiap hari sabtu dan minggu dengan rute Stasiun Puwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak kurang lebih 5.6 kilometer. Rute ini melewati Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo dan  rencananya akan singgah beberapa saat di beberapa tempat perhentian dalam satu trip pulang pergi, diantaranya adalah Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak, dan lain-lain.

Harga tiketnya  Rp.100.000 untuk sekali naik. dikarena untuk mengoperasikan kereta uap wisata ini memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam sekali jalan pulang pergi, memerlikan tiga kubik kayu jati sedang kereta api hanya berkapasitas sekitar 80 orang penumpang saja.
Walikota Surakarta berharap dengan adanya Steam Loco jaladara ini akan menjadi daya tarik tersendiri kota Surakarta.



Kalender Event 2011



TANGGAL 

EVENT
LOKASI
30
Januari

Grebeg Sudiro 
Pasar Gedhe 

9- 15
Februari

Sekaten  
Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta

16
Februari

Grebek Mulud
Keraton Kasunanan Surakarta 

18-22

Februari

Festival Kethoprak
Gedung Kesenian Balekambang 

20

Februari

Solo Karnaval
Jalan Slamet Riyadi 

19

Maret

Festival Tirtonadi
Pelataran Sungai Kalianyar 

4

April

Mahesa Lawung
Keraton Kasunanan Surakarta 

29 April

1 Mei

Bengawan Travel Mart 

Solo dan sekitarnya 

29

April

Solo Menari 
Jalan Slamet Riyadi 

6 – 8

Mei

Festival Dolanan Bocah
 Kawasan Gladhak 

20 - 21

Mei

Mangkunegaran Performing Art
Pura Mangkunegaran 

19 – 21

Juni

Kreatif Anak Sekolah Solo (KREASSO)
Kawasan Mangkunegaran 

25

Juni

Solo Batik Carnival
Jalan Slamet Riyadi 

25 – 26

Juni

Keraton Art Festival 
Keraton Kasunanan Surakarta 

27

Juni

Tingalan Jumenengan Dalem ke-7 SISKS XIII 
Keraton Kasunanan Surakarta 

1 – 3

Juli

Solo International Performing Art (SIPA)
Pamedan Mangkunegaran 

4 – 6

Juli

Solo Batik Fashion 
Kompleks Balaikota 

Juli


Solo Culinary Festival
Kompleks Balaikota 

23

Juli

Final Putra-Putri
Solo Ngarsapura 

20

Agustus

Malem Selikuran
Keraton Kasunanan – Taman Sriwedari 

31

Agustus

Grebeg Poso 
Keraton Kasunanan – Masjid Agung 

1 – 11

September   

Pekan Syawalan Jurug 
Taman Satwa Taru Jurug 

1 – 11

September

Bakdan ing Balekambang 
Taman Balekambang 

29 – 30

September

Solo Keroncong Festival 
Mangkunegaran

1

Oktober

Grand Final Cipta Lagu Keroncong 
Solo 

7 – 9

Oktober

Wayang Bocah 
Gedung Wayang Orang Sriwedari 

16

Oktober

Bengawan Solo Gethek Festival 
Langenharjo Jurug 

21 – 23

Oktober

Pasar Seni Balekambang
Taman Balekambang 

28 – 30

Oktober

Javanese Theatrical 

Solo 

6

November

Kirab Apem Sewu

Kampung Sewu 

7

November

Grebeg Besar

Keraton Kasunanan Surakarta 

26 – 27

November

Kirab Malam 1 Sura 

Keraton Kasunanan – Pura Mangkunegaran 

5

Desember

Wiyosan Jumenengan SP KGPAA Mankoe Nagoro IX

Pura Mangkunegaran

31

Desember

Pesta Budaya dan Kembang Api Malam Tahun Baru

Solo
 Oleh: Restyana Eka Agribisnis 2008

0 komentar:

Posting Komentar