Minggu, 05 September 2010

Sekilas tentang KAMAGRISTA

KAMAGRISTA merupakan Himpunan Mahasiswa yang berada di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. KAMAGRISTA ini merupakan himpunan yang baru terbentuk pada tanggal 28 Juni 2010 yang dipelopori oleh mahasiswa-mahasiswi Agribisnis. Pada awalnya sebelum berdirinya himpunan ini telah lebih dulu lahir himpunan mahasiswa yang diberi nama HIMASETA (Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pertanian) pada tanggal 8 September 1984. Seperti namanya, himpunan ini menaungi mahasiswa yang berada di bawah jurusan sosial ekonomi pertanian, yaitu mahasiswa sosek/agrobisnis itu sendiri serta mahasiswa penyuluhan dan komunikasi pertanian (PKP). Namun pada tahun 2000, himpunan ini pecah karena mahasiswa PKP juga ingin mempunyai himpunan mahasiswa sendiri. Lalu terbentuklah GAMAKOMTA (Keluarga Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian) pada tahun itu juga.
Namun, pada tahun 2008 terjadi merger jurusan antara jurusan sosek dengan PKP menjadi program studi Agribisnis. Mahasiswa Agribisnis juga ingin mempunyai himpunan mahasiswa yang menaungi mereka, tapi kedua himpunan mahasiswa yang sudah ada baik itu HIMASETA maupun GAMAKOMTA tidak mempunyai hak untuk menaungi mahasiswa Agribisnis. Berangkat dari sinilah mulai muncul pemikiran untuk membentuk himpunan mahasiswa baru yang juga beranggotakan mahasiswa dari jurusan sosek dan PKP sehingga nantinya himpunan mahasiswa baru ini dapat menaungi dari ketiga jurusan ini.
Akhirnya pada bulan Mei 2010, mahasiswa dari jurusan sosek, PKP, dan Agribisnis duduk bersama dalam suatu forum yang diberi nama Musyawarah Bersama (Mubes) untuk membahas kelanjutan Himpunan Mahasiswa ini ke depannya. Hasil dari Mubes ini adalah bersatunya HIMASETA dan GAMAKOMTA untuk membentuk Himpunan Mahasiswa baru yang diberi nama KAMAGRISTA. Pada tanggal 28 Juni 2010, KAMAGRISTA resmi berdiri dengan Ketua Umum pertama Ananda Putuarta dari Agribisnis angkatan 2008.

2 komentar:

  1. SEmangat....!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. Supaya tdk terjadi salah persepsi dalam sejarah berdirinya kamagrista, uraian di atas mungkin bisa ditanyakan dulu dengan Ketum pertama nya atau dengan alumni Himaseta supaya jelas dan runtut. Terimakasih

    Salam,
    Habib

    BalasHapus