Selasa, 24 April 2012

MAWAPRES UNS DARI AGRIBISNIS ? PASTI BISA!!


Melihat kenyataan yang terjadi, sangat disayangkan sebenarnya bahwa banyak dari kita mahasiswa jurusan Agribisnis yang tidak paham mengenai Mawapres. Bahkan sebagian besar mahasiswa Agribisnis khususnya sama sekali tidak mengenal Mawapres.
APA ITU MAWAPRES ?

Mawapres merupakan singkatan dari Mahasiswa Berprestasi. Mahasiswa Berprestasi yang dimaksud adalah mahasiswa yang memiliki prestasi hard skill dan soft skill yang seimbang, tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hard skill) tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skill-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab dan gigih. Kemampuan ini dapat diperoleh mahasiswa dari pembekalan secara formal melalui kurikulum pembelajaran (perkuliahan) dan ko-kurikuler, dan ekstra-kurikuler. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) ini memberikan dampak positif, budaya menghargai karya prestasi mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. Dapat dikatakan bahwa pemilihan Mawapres ini menjadi motivasi bagi para mahasiswa untuk bersaing secara sehat dan positif. Sehingga pendidikan nasional dapat berfungsi sebagaimana mestinya yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
PEMILIHAN MAWAPRES
Mawapres dilaksanakan dalam rangka memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang telah mencapai prestasi yang tinggi, dengan unsure-unsur penilaian baik dalam bidang akademik (IPK), kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler, kepribadian, karya tulis ilmiah dan bahasa inggris/asing (pasif dan aktif). Tahapan seleksi Mawapres adalah sebagai berikut :
1.    Seleksi Mawapres tingkat jurusan
2.    Seleksi Mawapres tingkat fakultas
3.    Seleksi Mawapres tingkat Universitas
4.    Pengumuman penetapan 15 mahasiswa terbaik oleh Dikti
5.    Seleksi Mawapres tingkat Nasional (Finalis akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi Tingkat Nasional)
Peserta adalah Mahasiswa Berprestasi Terbaik I Tingkat PTN dengan status mahasiswa program S1 dan duduk di semester VI atau VIII, belum dinyatakan lulus serta berusia tidak lebih dari 24,00 tahun pada saat pemilihan Tingkat Nasional. Penulisan karya tulis mengacu pada Pedoman Umum Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan (edisi baru). Peserta wajib mengisi formulir daftar riwayat hidup (DRH) dan mengumpulkan berkas-berkas yang ditetapkan. Mahasiswa yang terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi tingkat  Perguruan Tinggi diberi penghargaan dari Perguruan Tinggi bersangkutan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh PT. Mahasiswa yang terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional akan diberi Piagam Penghargaan dan penghargaan lainnya dari Menteri Pendidikan Nasional.
Pada tanggal 1 Maret 2011 diadakan seleksi Mawapres tingkat Fakultas dimana program studi Agribisnis yang diwakilkan oleh saudara Yusuf Enril Faturrohman (angkatan 2008) meraih Juara III. Dan pada tanggal 1 Maret 2012 kemarin baru saja diadakan seleksi Mawapres tingkat Fakultas. Seleksi diikuti 4 peserta yang merupakan wakil dari 4 program studi yang ada di Faperta. Dari hasil seleksi tersebut, program studi Agribisnis menjadi juara III Mawapres tingkat Fakultas Pertanian yang diraih oleh perwakilan Agribisnis yaitu saudara Oktaviana Helbawanti (angkatan 2009). Hal ini menjadi suatu penghargaan tersendiri bagi program studi Agribisnis. Karena sebagai prodi yang belum lama terbentuk tetapi sudah bisa menunjukkan prestasi mahasiswanya dan tidak mau kalah dengan prodi lainnya. Selain itu, hal tersebut juga menjadi motivasi untuk ke depannya agar lebih baik dan semakin baik untuk menjadi yang terbaik.
Sebagai bentuk apresiasi, Faperta memberikan penghargaan berupa dana pembinaan dan sertifikat yang diserahkan langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Bambang Pudjiasmanto, MS dengan disaksikan para pembantu dekan, ketua dari ke-4 program studi, dan juri seleksi Mawapres. Selain penghargaan sebagai Mawapres tingkat Fakultas dan Mawapres tingkat Universitas, hadiah dari Fakultas maupun Universitas, pemenang juara I Mawapres UNS juga mendapat kesempatan berkunjung selama seminggu ke 2 (dua) negara tetangga kita, MALAYSIA dan THAILAND bersama Mawapres Juara I tingkat Fakultas dari beberapa Fakultas lain.
Diperlukan banyak sekali usaha, doa, rasa syukur tiada henti kehadirat Allah SWT, kesan, lelah, tangis, dan tawa yang menemani selama perjuangan meraih semua prestasi. Namun semua itu menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk dapat meraih prestasi yang membanggakan.
« Setiap diri harus mampu tegak berdiri, bertopang pada kekuatan potensi, bersandar dan bergantung pada takdir illahi, dan menjangkari emosi dengan terangnya mimpi » (Motto hidup HASAN ZAINNURI mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2006 sebagai MAWAPRES UNS 2009). Motto hidup tersebut memberikan inspirasi untuk bertekad ingin membuktikan bahwa prestasi dapat diraih dengan potensi yang dimiliki, dukungan dari keaktifan dan keikutsertaan di organisasi, dan perlombaan karya tulis ilmiah. Semua itu tidak akan terwujud apabila tidak ada niat, tekad, dan komitmen yang tinggi. Dan yang perlu dijadikan nomor satu adalah senantiasa berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT serta meyakini bahwa Allah memiliki rencana yang indah untuk kita. Karena Allah akan melipatgandakan nikmat umatnya yang senantiasa bersyukur.
Menuntut ilmu merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai ciptaan Allah SWT, sebagai anak dari orang tua kita, dan sebagai mahasiswa. Betapa membanggakannya bila bisa menjadi Mahasiswa Berprestasi terpilih, karena kita dapat memenuhi kewajiban dan tanggung jawab sekaligus memberikan nama baik yang tidak akan pernah terlupakan.
Lebih Baik Dikenal Banyak Orang Karena Kebaikan Dan Kemampuan Kita Daripada Dikenal Karena Perbuatan Buruk Kita
« Karena jutaan langkah bermula dari langkah pertama.  Melangkahlah…!»
« Janganlah berhenti belajar dan berprestasi (di kuliah, di organisasi, dan di masyarakat), teruslah memotivasi diri, hargailah orang lain, berdoalah kepada ALLAH SWT, dan mintalah doa dari Ibumu. »
« Whatever May Happen, Keep Moving Towards Ur Goal »
AGRIBISNIS BISA…!!

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar